101 Great Science Experiments

101 Great Science Experiments

IPS jelaskan fungsi ekonomis dan ekologis hutan mangrove?​

jelaskan fungsi ekonomis dan ekologis hutan mangrove?​

Jawaban:

Fungsi ekonomis hutan mangrove adalah dapat memanfaatkan kayu dan makhluk hidup di dalamnya, sedangkan fungsi ekologisnya yaitu sebagai stabilisator garis pantai hingga filter pengaruh laut.

Penjelasan:

Hutan mangrove memiliki dua fungsi yaitu, fungsi ekonomis dan fungsi ekologis.

Fungsi ekonomis dari adanya hutan mangrove adalah nilai ekonomi dari kayu dan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Sebab, mangrove dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan hidup penduduk, misalnya untuk kayu kabar, bangunan, arang, hingga untuk obat-obatan.

Bahkan, tumbuhan jenis Nypa Fruticans yang hidup di hutan mangrove diketahui dapat dimanfaatkan sebagai sumber gula, sampai dengan cuka. Dengan begitu, hutan mangrove memiliki fungsi ekonomis terhadap kehidupan.

Fungsi ekologis dari hutan mangrove yaitu sebagai habitat atau tempat hidup, berlindung, mencari makan, atau berkembang biak binatang laut. Selain itu, hutan mangrove dapat berfungsi sebagai stabilisator garis pantai. Fungsi ini dikenal bisa mencegah erosi, sebagai akibat pukulan ombak dan juga berperan dalam penambahan lahan pantai.

Terakhir, hutan mangrove memiliki fungsi ekologis, yaitu sebagai filter dari pengaruh laut, maupun dari darat. Adanya hutan mangrove dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke darat.

[answer.2.content]